Isi pokok ikrar Sumpah Pemuda Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa yaitu Indonesia


Dari bunyi kalimat-kalimat Sumpah Pemuda kita menjadi tahu bahwa para pemuda Indonesia waktu itu menyatakan diri untuk secara bersama-sama mengakui sebagai satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Tidak hanya mengaku sebagai satu bangsa, tetapi juga satu nusa dan satu bahasa. Jadi satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia. Nusa artinya pulau. Nusa juga berarti tanah air, tanah tumpah darah, tanah tempat kita tinggal. Satu nusa berarti meskipun terdiri atas beribu-ribu pulau, tetapi tetap satu tanah air yaitu Indonesia. Kita tahu bahwa wilayah Indonesia terdiri atas banyak pulau. Ada yang besar dan ada yang kecil. Pulau-pulau itu tersebar dari ujung barat sampai timur dan dari utara sampai selatan. Akan tetapi, semua itu kita akui sebagai satu nusa, satutanah air yaitu Indonesia.


Tanah air Indonesia bukan hanya Jawa, bukan hanya Sumatra atau bukan hanya Kalimantan. Tanah air Indonesia adalah pulau-pulau yang berada di antara Samudra Hindia dan Pasifik serta Benua Asia dan Australia. Pulau-pulau Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Itulah tanah air  Indonesia. 
Semboyan
Bhinneka Tunggal Ika yang
terdapat pada lambang
Burung Garuda

Satu bangsa artinya bahwa meskipun kita terdiri atas banyak suku, tetapi kita tetap mengaku sebagai satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia memang terdiri atas banyak suku. Misalnya suku bangsa Aceh, suku bangsa Batak, suku bangsa Jawa, suku bangsa Dayak, suku bangsa Asmat, dan lain-lain. Namun, semuanya itu tetaplah merupakan satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Semua suku yang ada di wilayah tanah air Indonesia memiliki pengalaman hidup yang sama yaitu sebagai bangsa jajahan. Semua mengalami penderitaan dan kesengsaraan. Oleh karena itu, semua memiliki tekad dan cita-cita yang sama yaitu merdeka. Inilah yang menjadikan kita sebagai satu bangsa. Jadi meskipun berbeda-beda kita tetap mengakui sebagai satu bangsa. Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan itu sangat cocok dengan keadaan bangsa Indonesia. 




Satu bahasa artinya bahasa Indonesiadijadikan satu-satunya bahasa persatuan. Saat itu para pemuda dari berbagai daerah menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi di antara mereka. Mereka tidak menggunakan bahasa daerahnya sendiri-sendiri sebab tidak akan dimengerti oleh pemuda daerah lain. Mereka menggunakan bahasa Indonesia yang telah dimengerti. Bahasa Indonesia sebelumnya telah dipakai sebagai bahasa pergaulan antarmasyarakat di Indonesia. Dengan diakuinya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan maka akan semakin kuat rasa persatuan di antara pemuda Indonesia. Sebab mereka akan saling mengerti dan memahami dalam berbicara dan bergaul satu sama lain. Bahasa Indonesia sangat berperan dalam menyatukan para pemuda Indonesia waktu dulu. Satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa telah diikrarkan oleh pemuda Indonesia sejak tanggal 28Oktober 1928. Ikrar itu sangat penting bagi perjuangan bangsa Indonesia kala itu. Sebab dengan ikrar Sumpah Pemuda tersebut, kita menegaskan diri sebagai satu bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Sumpah Pemuda disebut juga sebagai Zaman Penegas.

Mulai saat itu sudah tegaslah sikap kita yaitu sebagai satu bangsa dan siap berjuang untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka.
Persatuan sangat penting bagi perjuangan bangsa. Tanpa semangat persatuan dan kesatuan perjuangan bangsa tidak akan terwujud. Penjajah akan mudah menindas kita bila kita tidak bersatu. Perjuangan para pahlawan kita pernah gagal karena kurangnya persatuan. Oleh karena itu, rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa harus dimunculkan dan dikembangkan.

0 Response to "Isi pokok ikrar Sumpah Pemuda Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa yaitu Indonesia"