Pengertian Dan Proses Terjadinya Fotosintesis Pada Tumbuhan

Fotosintesis merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yakni foto dan synthesis. Foto sendiri diartikan sebagai cahaya sedangkan synthesis merupakan kata yang bermakna menggabungkan atau penggabungan. Kata fotosintesis sering digunakan dala lingkup kajian ilmu biologi. Apa sebenarnya fotosintesis tersebut? Secara sederhana, ia bisa diartikan sebagai proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan berwarna hijau dengan melibatkan cahaya matahari di dalamnya. Selain matahari, proses fotosintesis ini juga melibatkan beberapa enzim.


Pengertian Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat dari karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan sinar matahari. Tumbuhan mampu melakukan fotosintesis karena mempunyai sel-sel yang mengandung klorofil (zat hijau daun). Dalam fotosintesis, energi cahaya matahari diserap oleh klorofil dan diubah menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lainnya. Di dalam tumbuhan karbohidrat diubah menjadi protein, lemak, vitamin, atau senyawa yang lain. Senyawa-senyawa organik ini selain dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri, juga dimanfaatkan oleh manusia dan hewan herbivora sebagai bahan makanan.

Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Proses Fotosintesis pada tumbuhan merupakan salah satu proses pembuatan energi yang dilakukan oleh tumbuhan. Dalam proses ini tumbuhan memerlukan beberapa media untuk membuat makanan sendiri. Fotosintesis berasal dari kata foton yang diartikan “cahaya”, sementara sintesis memiliki arti “penyusun. Oleh karena itu dapat diartikan sebagai proses dimana tumbuhan dapat menghasilkan energi sendiri dengan bantuan dari cahaya. Dalam proses fotosintesis membutuhkan 4 bahan diantaranya :
  • Karbondioksida (CO2)
  • Air(H2O)
  • Cahaya Matahari
  • Klorofil (Zat Hijau Daun)
Stomata pada daun akan mengambil karbondioksida yang terdapat di udara, setelah itu tumbuhan memerlukan air yang diambil dari dalam tanah melalui akar. Dengan bantuan klorofil atau zat hijau daun, cahaya matahari diambil dalam bentuk energi. Semua proses tersebut akan menghasilkan glukosa dan oksigen. Glukosa yang dhasilkan oleh tumbuhan, akan diubah menjadi protein, lemak, dan nutrisi lainnya sehingga tumbuhan akan mendapatkan asupan energi. Adapun faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal

Faktor internal berasal dari dalam tumbuhan sendiri, dalam arti setiap tumbuhan yang berbeda jenis meski dalam lingkungan yang sama, namun berbeda reaksi fotosintesis. Hal ini dapat dikatakan dengan faktor keturunan (hereditas). Untuk beberapa jenis tumbuhan tidak memiliki klorofil, sehingga akan berpengaruh pada reaksi fotosintesisnya.Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang memilki ciri khas dibanding makhluk hidup lainnya. Proses fotosintesis pada tumbuhan memiliki banyak manfaat yang bisa diambil oleh manusia. Hasil fotosintesis pada tumbuhan inilah yang mampu mengurangi gas karbon di udara yang disebabkan karena asap kendaraan. Pembahasan kali ini membahas mengenai proses fotosintesis tumbuhan beserta fungsinya. Tak perlu panjang lebar, di bawah ini ulasan mengenai proses fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan.

Faktor Eksternal

  • Kandungan air menjadi salah satu bahan bagi tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Semakin banyak air yang terkandung di dalam tanah, maka semakin baik reaksi tersebut. Fotosintesis bergantung pula dari penyerapan air oleh akar.
  • Suhu juga menjadi faktor dari luar pada proses fotosintesis pada tumbuhan. Suhu terbaik dalam proses tersebut adalah antara 28 sampai 30 derajat celcius.
  • Kandungan karbondioksida, semakin banyak kandungan gas tersebut maka semakin bagus pula reaksi yang terjadi.
  • Kandungan oksigen, kandungan oksigen tidak hanya dibutuhkan pada udara saja, melainkan juga di dalam tanah. Semakin banyak kandungan oksigen di dalam tanah, maka tanah tersebut semakin subur dan baik untuk reaksi fotosintesis.
  • Fungsi proses fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan.
  • Memproduksi glukosa yang digunakan sebagai sumber energi oleh tumbuhan. Dengan adanya glukosa ini juga menjadi protein dan juga energi lemak yang sering dimanfaatkan oleh manusia.
  • Fotosintesis pada tumbuhan membantu membersihkan kadar gas karbon di udara, sehingga membantu mengurangi salah satu penyebab pemanasan global. Sehingga udara jauh lebih bersih dari gas karbon.
Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Dan Proses fotosintesis pada tumbuhan beserta fungsinya yang dapat Anda ketahui.

0 Response to "Pengertian Dan Proses Terjadinya Fotosintesis Pada Tumbuhan"