Lapisan Atmosfer Bumi dan Penjelasannya

Lapisan Atmosfer Bumi dan Penjelasannya - Atmosfer merupakan campuran gas yang menjadi semakin tipis jika semakin ke atas mendekati angkasa. Udara dalam atmosfer mengandung 78% Nitrogen, 21 % oksigen dan 1 % gas lain. Beberapa oksigen berubah menjadi  ozon  dalam  atmosfer. Lapisan  ozon berkaitan dengan efek rumah kaca. Atmosfer dibagi dalam 5 lapisan berdasarkan perbedaan suhu dan keting-giannya. Kebanyakan cuaca yang terjadi di Bumi terjadi  dalam lapisan pertama. Atmosfer di sekitar Bumi juga berperan melindungi kita dari bahaya sinar Matahari.

Atmosfer  terbagi  dalam  lima  lapisan,  yaitu eksosfer, termosfer, mesosfer, stratosfer dan troposfer. Yang paling tebal adalah yang paling dekat permukaan dan yang paling tipis adalah yang paling luar dari permukaan. Dibawah ini adalah rincian mengenai lima atmosfer tersebut:
Gambar Lapisan Atmosfer Bumi
Sumber: http//en.wikipedia.org/

  1. Eksosfer
    Eksosfer merupakan perbatasan antara atmosfer dan luar angkasa atau dapat dikatakan lapisan ini adalah lapisan yang paling luar. Pengaruh gaya berat pada lapisan ini sangat kecil sehingga benturan-benturan di udara jarang terjadi. Butiran-butiran gas pada lapisan ini berangsur-angsur meloloskan diri ke angkasa luar sehingga lapisan ini juga dinamakan disipasisfer atau ruang antar planet dangeostasioner.
  2. TermosferLapisan  sebelah  atmosfer  berikutnya  adalah termosfer. Udara dalam  termosfer  sangat tipis. Perubahan energi sedikit  saja akan  menyebabkan perubahan suhu yang sangat tinggi. Itu sebabnya lapisan ini  sangat  sensitif terhadap aktivitas Matahari. Ketika Matahari sedang aktif dan menghasilkan lidah api, suhu pada termosfer bisa mencapai 1500°C  atau  lebih tinggi. Termosfer merupakan lapisan atmosfer Bumi yang di dalamnya mencakup lapisan ionosfer. Ionosfer  adalah daerah atmosfer yang berisi partikel-partikel bermuatan. Suhu yang tinggi pada termosfer  dapat membuat partikel - partikel terionisasi. Ini sebabnya mengapa termosfer dan ionosfer  saling  tumpang tindih. Termosfer adalah lapisan dengan  aurora. Lapisan  ini juga tempat pesawat  angkasa mengorbit.
  3. Mesosfer
    Mesosfer merupakan lapisan atmosfer di bawah termosfer.  Mesosfer  dan  bagian  atas atmosfer, sehingga kadang terlihat pada bagian tepi planet. Dalam  mesosfer  udara cenderung bercampur  dan suhu menurun sesuai ketinggian. Suhu di mesosfer bisa mencapai suhu terendah -90°C. Mesosfer juga merupakan bagian dalam atmosfer dimana meteor terbakar  saat memasukinya.
  4. Stratosfer
    Lapisan  di bawah  mesosfer  adalah  stratosfer. Pada startosfer suhu meningkat sesuai ketinggian. Di Bumi ozon menyebabkan kenaikan suhu dalam stratosfer.  Ozon terkonsentrasi pada  ketinggian sekitar  25 kilometer.  Molekul  ozon  menyerap berbagai jenis cahaya Matahari  yang  berbahaya, yang memanaskan  udara  di  sekitarnya.   Pesawat terbang dalam lapisan stratosfer karena lapisan ini sangat  stabil  dan  lapisan  ozon  menyerap  sinar Matahari yang  berbahaya.
  5. Troposfer
    Troposfer  terletak  di  bawah  stratosfer.   Troposfer  adalah  lapisan atmosfer Bumi yang paling rendah. Udara dalam troposfer bercampur dengan sangat baik dan suhu pun menurun sesuai ketinggian. Udara dalam troposfer dipanaskan dari permukaan Bumi akibat permukaan Bumi menyerap energi dan memanaskan bagian atasnya lebih cepat dari udara. Troposfer memiliki ketebalan hampir setengah dari atmosfer Bumi.
Mungkin hanya itu materi yang dapat disampaikan mengenai Lapisan Atmosfer Bumi dan Penjelasannya. Jangan lupa untuk membaca materi yang lain ya.. terimakasih..

Sumber dan Referensi : Buku Ilmu Pengetahuan Alam 3 SMP/MTs kelas IX

1 Response to "Lapisan Atmosfer Bumi dan Penjelasannya"