Pengertian ASEAN dan Penjelasannya

Pengertian ASEAN

Logo ASEAN
ASEAN (Assocation of South East Asian Nations) adalah organisasi regional di kawasan Asia Tenggara yang sekarang beranggotakan 10 negara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam). Dasar berdirinya ASEAN adalah Deklarasi Bangkok yang dicetuskan pada tanggal 8 Agustus 1967. Lima negara (Indonesia, Malaysia, Thailand, Philipina dan Singapura) dianggap sebagai pelopor dari pendiri ASEAN karena menandatangani Deklarasi Bangkok.

Latar Belakang Berdirinya ASEAN


ASEAN merupakan organisasi terbuka bagi negara-negara di kawasan Asia Tengggara yang tidak membedakan sistem politik dan ideologi. Ide dasar pembentukan ASEAN adalah kerjasama ekonomi, sosial, dan budaya. Namun dalam perkembangannya organisasi ini bertekad menjami stabilitas dan keamanan tanpa campur tangan bangsa asing. Bentuk kerjasama ASEAN merupakan jawaban negara-negara di kawasan Asia Tenggara terhadap tantangan internal maupun eksternal. Situasi politik internasional ditandai dua hal setelah Perang Dunia II, yaitu:

a.Terjadinya persaingan perebutan pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet
b. Munculnya negara-negara baru yang baru merdeka, umumnya membawa tuntutan baru yang memiliki kesamaan masalah, yaitu berkaitan dengan wilayah.


Kedua ciri tersebut berpengaruh terhadap situasi politik di Asia Tenggara. Menghadapi situasi tersebut membutuhkan sikap dan tindakan bersama agar dapat mewujudkan stabilitas dan keamanan di Asia Tenggara.

Pendirian ASEAN juga dilatarbelakangi oleh kesamaan sikap yang non komunis, mengingat komunis telah menimbulkan ketidakstabilan dalam negeri masing-masing negara. Di samping itu persamaan letak geografis dan persamaan senasib sebagai bangsa yang sama-sama pernah mengalami penjajahan merupakan faktor yang memperkuat untuk mendorong pembentukan ASEAN.

Sejarah Berdirinya ASEAN

Ada dua organisasi yang mengantarkan pembentukan ASEAN, yaitu:
a. ASA (Association of Southest Asia) yang dibentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok tahun 1062 antara Malaysia, Muangthai dan Pholipina.
b. Maphilindo yang beranggotakan Malaysia, Philipina dan Indonesia pada ahun 1963, di tengah dekolonisasi Inggris yang kurang memuaskan Indonesia dan Philipina mengenai penggabungan Kalimantan Utara ke dalam Malaysia. Akhirnya ke dua organisasi diganti dengan ASEAN tahun 967 setelah terjadi perbuhan yang dramatis di Indonesia akibat peristiwa G 30 S/PKI tahun 1965.

Tokoh Pendiri ASEAN


A. Adam Malik, Menteri Luar Negeri Indonesia
B. Tun Abdul Razak, Wakil Perdana Menteri/Menteri Pembangunan Nasional Malaysia
C. S. Rajaratnam, Menteri Luar Negeri Singapura
D. Narciso Ramos, Menteri Luar Negeri Philipina
E. Thanat Koman, Menteri Luar Negeri Thailand

0 Response to "Pengertian ASEAN dan Penjelasannya"